Notification

×

Kategori Artikel

Cari Artikel

Iklan

Iklan

Indeks Artikel

Tag Terpopuler

Tujuan Penelitian

Jumat, 10 Desember 2021 | 22.27 WIB Last Updated 2021-12-28T17:23:44Z
Tujuan Penelitian
Ilustrasi Tujuan Penelitian

Tujuan Penelitian

Tujuan penelitian mengungkapkan sasaran yang ingin dicapai dalam penelitian .Isi dan rumusan tujuan penelitian mengacu pada isi dan rumusan masalah penelitian dengan kata lain rumusan tujuan penelitian sejajar dengan rumusan masalah penelitian perbedaanya hanya terletak pada cara merumuskannya. Masalah penelitian dirumuskan dengan menggunakan kalimat tanya, sedangkan rumusan tujuan penelitian dinyatakan dalam bentuk kalimat pernyataan.Tujuan penelitian terdiri dari tujuan umum dan tjuan khusus.Tujuan umum menggambarkan secara singkat melalui satu kalimat yang ingin dicapai dalam penelitian .Tujuan khusus dirumuskan dalam bentuk butir – butir misalnya (1,2,3) yang mengacu pada rumusan masalah yang lebih spesifik.

Dalam kegiatan penelitian memang mengandung kegiatan yang kadang sulit dan melelahkan tapi dibalik semua itu penelitian mempunyai tujuan yang hendak dicapai oleh peneliti ada beberapa tujuan yang hebdak dicapai dapat dilihat diantaranya :

1. Memperoleh Informasi Baru

Penelitian biasanya akan berhubungan dengan informasi atau data yang masih baru jika dilihat dari aspek sipeneliti walaupun mungkin sala satu data atau fakta tersebut telah ada dan berada di suatu tempat dalam waktu yang lama namun apabila data tersebut baru diungkap atau disusun secara sistematis oleh seorang peneliti pada saat itu maka dapat dikatakan bahwa data tersebut adalah data baru.

2. Mengembangkan dan Menjelaskan Data Penelitian

Ketika para peneliti berusaha memecahkan permasalahan dengan tidak menginginkan terjadinya pengulangan kerja atau penggunaan tenaga yang sia – sia .Mereka perlu menggali dari variasi sumber – sumber pengetahuan yang relevan agar dapat menerangkan pentingnya permasalahan yang hendak dicapai dengan melakukan pengembangan dan usaha penjelasan melalui teori yang didukung oleh fakta – fakta penunjang yang ada peneliti akan dapat sampai kepada pemberian pernyataan sementara atau hipotesis penelitian.

Rumusan tujuan penelitian harus selalu konsisten dengan rumusan masalah. Berapa banyak masalah dirumuskan, sebanyak itu pula tujuan yang akan dicapai. Untuk itu, perlu ditetapkan suatu tujuan penelitian berdasarkan persoalan yang dipilih. Tujuan yang jelas memberikan landasan untuk perancangan proyek penilitian, untuk pemilihan metode yang paling tepat dan untuk pengolahan proyek setelah dimulai serta memberikan bentuk dan makna bagi laporan akhir.
 
Menurut Sugiono (1999) Tujuan penelitian hendakanya harus dirumuskan secara spesifik dan jelas yaitu mengenai kejadian apa, dimana, bilamana terjadinya dan bagaiamana. Kaburnya tujuan penelitian akan berakibat kaburnya hasil penelitian yang akan diperoleh. Dengan menentukan tujuan penelitian secara singkat dan jelas, researcher dapat menyaring data apa saja yang benar-benar diperlukan artinya yang relevan terhadap persoalan, sehingga dengan demikian akan mempermudah pembuatan daftar pertanyaan (questionnaire) yang akan dipergunakan untuk memperoleh data tersebut”
×
Artikel Terbaru Update